Selasa, 12 April 2011

Aktivis Dakwah bertanda kutip

Kok sebagian kader dakwah masih sibuk mendakwahi "kader dakwah" itu sendiri???

Pertanyaan di atas adalah sebuah post di grup FB lembaga dakwah kampus yang membesarkanku, FKPWI. Banyak postingan-postingan sebelumnya yang bagus-bagus dan menarik, tetapi biasanya peranku hanya sebatas "like" saja. Entah kenapa ketika membaca postingan ini hatiku tergerak untuk ikut berkomentar. Berikut komentarku.

Jika pertanyaannya kalimat tanya di atas, maka jawabannya karena kedua kader dakwah yang disebut di atas memang berbeda. Yang satu tidak pakai tanda kutip, yang satu lagi, alias yang didakwahi, pakai tanda kutip.

Mungkin, yang pakai tanda kutip itu adalah orang-orang yang menyandang gelar kader dakwah sebatas gelar saja, teori dan prakteknya gak jalan.



Bergelar sebagai kader dakwah tapi target amalan harian sebagai seorang ADK nggak pernah tercapai. shalat sekedar shalat, kadang lalai juga. Tilawah sekedarnya. hapalan al-quran masih trikul tapi nasyid hapal semua. Shalat tahajud malas, duha nggak sempat, dll.

Bergelar ADK tapi prilaku jahiliyah masih dipertahankan. Sama lawan jenis sesama ADK jaga pandangan, sama teman2 non ADK PDKT, bahkan pacaran. Ada yg menjaga dengan rapi agar nggak ketahuan tapi ada juga yang terang-terangan.

Bergelar ADK tapi halaqoh nggak jalan, ta'limat selalu diabaikan, pengajian2 seperti tarbiyah ruhiyah, tarbiyah tsaqofiyah, dsb tak pernah ikutan. Alasannya, ribuan.

Astagfirulahal'adzim..

Semoga kita termasuk ADK yg nggak pakai tanda kutip.
Semoga ADK yang pakai tanda kutip dibukakan pintu hidayah yang lebih lebar agar bisa melepas tanda kutipnya.
Semoga kita semua istiqomah dan kembali sewajihah di surga dg rasulullah sebagai ketumnya.
Amien..

Wallahu'alam bis shawab.


2 komentar:

  1. asw, sebenarnya mengingatkan saudara adalah hal yang biasa, tp yang mnjdi luar biasa adalh ktika kita hanya terfokus kpda saudara yg kita ingtkan tersebut, pdhl sbnrya msh bnyk mahkluk Allah yang juga ingin dpeerhatikan. mudah2an kita bs adil dan dpt mmbagi prhatian secara wajar sehingga kita tdk lah termsuk sebgi ADK dengn tanda kutip,mari sam2 perbaiki diri dan perbaiki lingkungan, Amin ya rabb
    Allahuakbar

    BalasHapus
  2. W3...
    O0o...ini maksudnya ADK yang PDKT dan pacaran ya ukh, plus yg ukhuwahnya mengandung debu.
    Yup..yup..
    setuju...

    BalasHapus